Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Ibu Negara Iriana saat berkunjung ke Kabupaten Blora, Jateng, Sabtu (7/3), menyempatkan diri mengunjungi sedulur Sikep (sebutan warga Kampung Samin), Desa Klopoduwur, Kec. Banjarejo.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi mengaku senang dengan tradisi masyarakat Samin yang terus menjaga budaya adatnya, salah satunya dengan mengenakan pakaian adat, yang juga sering dikenakan oleh Gubernur Jateng. Ia meminta warga Samin agar terus merawat perkampungan adat dan budayanya untuk mencegah masuknya budaya asing.

“Semua hal yang berkaitan dengan budaya leluhur yang dari turun temurun selalu dipertahankan. Ini yang nantinya akan menjadi kekuatan bangsa, karakter kita dan tidak hilang ditelan oleh waktu dan jaman,” tutur Jokowi, dilansir laman Setkab.

Saat diberi kesempatan berdialog, warga Samin menyampaikan berbagai permasalahan, mulai dari masalah penyediaan air bersih, penyediaan rumah, juga masalah kemiskinan yang mendera mereka.

Menanggapi hal itu, Presiden mengatakan, soal rumah ia akan mengirimkan stafnya untuk menghitung apa saja yang dibutuhkan. Namun  sebagai langkah awal, Presiden Jokowi langsung menyerahkan sumbangan Rp 100 juta untuk membangun instalasi air bersih yang dibutuhkan warga.

Adapun soal kemiskinan sebagaimana disampaikan lurah Desa Klopoduwur, Presiden Jokowi mengatakan, meskipun saat ini fokusnya menangani kesenjangan di Indonesia Timur, tetapi ia tidak menutup mata di Jawa pun masih banyak yang perlu ditingkatkan.

“Saya juga jadi Presiden baru empat bulan lebih sedikit. Beri waktu saya untuk bekerja,” kata Presiden Jokowi, demikian dilaporkan Rol (9/3)..

Uangkapan yang hampir serupa juga pernah di sampaikan Jokowi ketika usia kepemimpinan tiga bulan. Dimana pada saat itu, dolar menyentuh angka Rp.12.700. Berikut pernggalan beritanya, masih dari Rol:

“Tapi ini kan memerlukan waktu. Saya ini baru tiga bulan lebih dikit lho (jadi presiden),” katanya.

Lihat gambar di bawah ini.

Kembali kepada judul : “Saya Baru Jadi Presiden Empat Bulan, Beri Waktu Bekerja” yang mendapat ragam komentar dari netizen sebagai berikut.

***

fiisilmi : Jadi selama ini presiden kita gak pernah kerja. Cuma jalan2 sama cengengesan saja di depan kamera, oh malangnya negri ini dipimpin org spt ini.

asnawihs : banyak alasan, menyebarkan virus excuse

@elesssarr : Awalnya sudah mengkhawatirkan

***

Mungkinkah Jokowi akan memberikan alasan yang sama jika usia kepemimpinan sampai di lima, enam bulan kedepan? Kita tunggu saja. [sal]