Hingga hari ini aksi penggalangan koin sumbangan untuk Perdana Menteri (PM) Australia, Tony Abbott telah terkumpul sebanyak tiga karung dari warga Jakarta.

Hal ini diungkapkan oleh Koordinator Koalisi Pro Indonesia, Rahmat Imran, “Sampai saat ini kita sudah terkumpul tiga karung berisi koin,” ujarnya saat berada di kegiatan car free day di Bundaran Hotel Indonesia (HI).

Koin sumbangan itu sebagai bentuk protes rakyat Indonesia terkait pernyataan Tony Abbott yang mengungkit-ungkit Pemerintah Australia atas bantuannya terhadap bencana tsunami Aceh. Hal itu dikatakannya saat ia meminta Pemerintah Indonesia tidak menghukum mati terpidana narkoba asal Autralia yakni Andrew Chan dan Myuran Sukumaran.

Rahmat menambahkan, koin penggalangan dana itu sudah lebih dari tiga karung jika digabungkan dengan koin dukungan dari masyarakat Aceh. “Kalau tidak salah, akan dikirim dua karung lagi dari Aceh,” tambahnya.

Koin untuk Tony Abbott Pekan Ini Segera Dikirim

Setelah mengumpulkan koin untuk Perdana Menteri (PM) Australia, Tony Abbott, Koalisi Pro Indonesia akan segera mengirimkannya ke Kedutaan Besar (Kedubes) Australia pekan ini.

Hal ini dikatakan oleh Koordinator Aksi, Rahmat Himran yang mengungkapkan penggalangan dana telah terkumpul sekitar 13 juta koin di Posko Nasional Pengumpulan Koin untuk Abbott

“Minggu-minggu ini segera kita eksekusi,” ujar Rahmat, Minggu (1/3/2015).

Rahmat mengatakan, koin yang terkumpul diterima dari berbagai daerah di Indonesia melalui aksi turun langsung ke jalan, melalui pos, rekening bank, dan jasa pengiriman.

“Kita sudah sampai di Sulawesi, sampai Papua juga. Sampai saat ini sudah terkumpul tiga karung lebih berisi koin,” imbuhnya.

Aksi pengumpulan koin ini merupakan reaksi dari masyarakat yang merasa dihina oleh PM Australia Tony Abbott.

Seperti diketahui, dalam salah satu pernyataannya, Abbot mengungkit bantuan yang pernah diberikan Australia saat Indonesia mengalami bencana tsunami Aceh. Hal itu menyusul rencana eksekusi mati terhadap dua warga Australia, Andrew Chan dan Myuran Sukumaran. Keduanya merupakan kelompok jaringan Bali Nine. [Inilah]
 
 

Advertisements