Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini mengakui Jakarta adalah kota besar dengan anggaran yang wah. Namun kebesaran nama Jakarta malah tidak diimbangi dengan pelayanan memadai bagi warganya.

“Jakarta ini kota besar dan kaya, tapi kenapa pelayanannya saja seperti ini,” kata Risma dalam diskusi ‘Public Policy and Diplomacy’ di CSIS, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (7/4/2015).

Sebelum mengikuti diskusi ini, Risma pagi tadi sempat berkeliling Jakarta. Dia kaget melihat banyaknya tumpukan tanah bekas galian di pinggir jalan yang sudah mengeras.

“Itu kalau di Surabaya masyarakatnya sudah pasti cerewet dan lapor ke saya,” sindir Risma.

Risma juga heran Jakarta yang belum menerapkan e-government dalam pelayanannya. Padahal merujuk pada pengalaman di Surabaya, e-government akan sangat membantu sekali para pemimpin mengontrol kinerja bawahannya.

“Kenapa kota kaya seperti Jakarta ini malah belum bisa memanfaatkan teknologi data seperti ini, sistem online akan mempermudah pelayanan langsung ke masyarakat,” beber Risma.

“‎Dengan online maka lebih efisien. Seperti pelayanan kesehatan, untuk mengecek secara langsung,” tandasnya seperti dikabarkan Detikcom. [sal]