Di KAA 60: Aher Jadi Imam Shalat, Ridwan Kamil Baca Dasasila Bandung, Ahok?

Posted on

Jika sebelumnya Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) diminta menjadi imam untuk shalat Jumat di Masjid Raya Bandung saat puncak peringatan Konferensi Asia-Afrika (KAA) ke-60, kini Aher resmi ditetapkan sebagai Khotib dalam shalat Jumat tersebut. Selain itu Wali Kota Ridwan Kamil juga ditunjuk untuk membacakan teks Dasasila Bandung.

“Yang membahagiakan, Pak Aher sudah oke ya untuk jadi khotib,” ujar Wali Kota Ridwan Kamil saat ditemui di Bandung, Senin (20/4).

Sebelumnya, ada dua kandidat yang dipilih untuk menjadi khotib oleh panitia pusat. Kedua kandidat tersebut ialah mantan Menteri Agama Said Agil Husin Al Munawar dan mantan Wakil Menteri Agama Nasaruddin Umar.

Akan tetapi, menjelang puncak peringatan KAA ke-60, Gubernur Jawa Barat yang kemudian resmi ditujuk menjadi khotib. Penyampaian khutbah itu sendiri direncanakan dalam tiga bahasa, bahasa Indonesia, bahasa Inggris dan bahasa Arab.

Selain penunjukkan Aher sebagai Khotib, Ridwan juga mendapatkan kehormatan untuk berperan dalam pembukaan peringatan KAA ke-60 di Kota Bandung. Ridwan mendapatkan amanat untuk membacakan teks Dasasila Bandung yang merupakan hasil dari KTT Asia-Afrika pada 1955 di Kota Bandung.

Ridwan menyatakan pembacaan Dasasila Bandung akan dilakukan di Gedung Merdeka untuk membuka acara peringatan KAA. “Saya bacakan dalam bahasa cinta,” canda Ridwan.

Ridwan menyatakan pembacaan Dasasila Bandung akan dilakukan dalam bahasa Inggris. Bahasa Inggris dipilih karena mengingat para kepala negara serta delegasi yang hadir berasal dari banyak negara. Ridwan menerima amanat untuk membacakan Dasasila Bandung sebagai sebuah kehormatan baginya, demikian Rol (21/4) mengabarkan.

Ketika berita dari Rol tersebut sampai di media sosial Twitter, ragam netizen saling berbagi kesesama netizen dan tak sedikit yang berkomentar.

Adalah akun @SiBonekaKayu yang bertanya terkait apa fungsi Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama (Ahok) di KAA. Dengan singkat ia pun menulis, “Ahok dapat tugas apa?,” kicaunya sembari mere-tweet berita terkait. [sal]

 
 

Advertisements