Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Yuddy Chrisnandi, tak mempersoalkan fotonya yang tengah mencium tangan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Puan Maharani.

Aksi cium tangan Puan dilakukan Yuddy sebelum sidang kabinet di Kantor Presiden, Senin, 30 Maret 2015. Foto itupun langsung beredar dan jadi perbincangan publik.

“Soal (foto) itu, ya nggak apa-apa, biasa-biasa saja. Justru saya mau tanya, itu yang foto siapa?,” kata Yuddy saat ditemui di kantornya, Rabu, 1 Maret 2015.

Yuddy mengklaim, aksi cium tangan adalah hal yang biasa dia lakukan. Tidak hanya mencium tangan Puan Maharani, Yuddy mengakui hal serupa dengan orang lain.

“Saya juga cium tangan Ibu Megawati Soekarno Putri, Ibu Khofifah (Menteri Sosial), Ibu Nila (Menteri Kesehatan), Ibu Rini Soemarno (Menteri BUMN),” kata Yuddy.

Menteri yang juga politikus Hanura ini tidak merasa terganggu dengan kemunculan foto tersebut di media sosial, hingga menjadi bahan perbincangan dan gurauan para netizen.

“Saya tidak pernah berpikir negatif jadi biasa-biasa saja. Kalau ditanya risau atau tidak dengan foto itu saya jawab tidak, kalau ditanya terganggu dengan foto itu. Saya jawab tidak. Tidak ada yang perlu dikomentari, karena memang tidak ada maksud apa-apa,” ujarnya.

Yuddy menegaskan, jika tindakan itu dia lakukan kepada Puan sebagai sahabat dekat. Dia menampik ada maksud politik di balik aksi ‘tak biasa’ yang dilakukannya tersebut. Yuddy juga tak mempersoalkan mencium tangan Puan, padahal dari segi usia, Yuddy lebih tua dibanding Puan.

“Ini karena sahabat, karena dekat kan. Bayi saja saya cium tangannya masa Puan tidak,” ujar Yuddy. (ase/vivanews)