Percaya Atau Tidak, Jet F-16 Pilih Meledak Dari Pada ‘Jumpa’ Jokowi

Posted on

Jet tempur F-16 milik TNI AU meledak di Lanud Halim Perdanakusuma, Kamis (16/4/2015) pukul 08.20 WIB. Pesawat dengan dengan tail number TS-1643 itu tengah dalam misi Fly Pass Pembaretan Presiden Joko Widodo atau Jokowi sebagai Warga Kehormatan.

Kadispen TNI AU, Marsekal Pertama Hadi Tjahjanto mengungkap, akibat kecelakaan itu pesawat gagal tampil di hadapan Presiden Jokowi yang kini berada Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur. Jet F-16 dengan penerbang Letkol Pnb Firman itu sejatinya akan melaksanakan Fly Pass bersama 3 pesawat lainnya, yakni TS-1606 pilot Alimi, TS-1608 pilot Andri, dan TS-1610 dengan pilot Gigih.

“Pesawat akan melaksanakan misi Fly Pass pembaretan presiden Joko Widodo dengan rute Halim-Mabes TNI-Halim,” kata Kadispen TNI AU, Marsekal Pertama Hadi Tjahjanto saat dihubungi Liputan6.com, Kamis (16/4/2015).

Hadi menjelaskan, pesawat awalnya akan lepas landas melalui landasan 6 Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Tapi, saat berada di ujung landasan pesawat tiba-tiba saja meledak.

“Pesawat sedang persiapan take off, lalu setelah sampai di ujung landasan, pesawat tiba-tiba meledak dan terbakar. Jadi belum sempat lepas landas,” lanjut dia, demikian Liputan6 mengabarkan.

Kejadian ini memberikan banyak spekulasi, apakah pesawat yang sudah rongsok atau yang lain. Tentu, boleh-boleh saja berikan spekulasi. Karena itu, spekulasi yang lain, yakni bisa di hubungkan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) TNI AU ke 69 lalu pada 9 April 2015. Dimana Presiden Jokowi tidak hadir atau mengabaikannya, begitu juga Wakil Presiden Jusuf Kalla. Mereka berdua (Jokowi dan Jusuf Kalla) lebih memilih hadir di acara Kongres PDIP IV di Bali.

Hal itulah yang mungkin menyebabkan pesawat Jet F-16 lebih memilih meledak daripada ‘jumpa’ dengan Presiden Jokowi pada acara pembaretan sebagai simbol pengangkatan Jokowi menjadi warga kehormatan TNI.

Namun, semua itu dikembalikan kepada publik, mau percaya atau tidak. Karena dalam setiap kejadian pasti ada yang tidak saja sebuah kebetulan, melainkan pasti ada penyebabnya. Tanpa terkecuali meledaknya Jet F-16, bukan? [sal]
 
 

Silahkan Berkomentar