Polisi Israel nyamar jadi Pemuda Palestina

Rekaman video yang menunjukkan betapa liciknya pasukan polisi Israel terhadap para pemuda Palestina, Rabu (7/10). Dalam video yang berdurasi dua menit menunjukkan pertikaian para pemuda Palestina dengan pihak keamanan Israel di tepi Barat.

Melansir dari laman Republika, Kamis (8/10/2015), awalnya, para polisi Israel menyamar sebagai pemuda Palestina yang ikut melempari batu ke polisi Israel. Namun kemudian, polisi menyamar itu berbalik arah menembaki dan memukuli para pemuda Palestina.

Video menunjukkan sekelompok, yang mungkin berisi delapan polisi menyamar berpakaian ala pejuang Palestina, berdiri di antara kerumunan warga Palestina lainnya. Polisi menyamar itu melemparkan batu pada pasukan keamanan Israel di jalan dekat Beit El, sebuah permukiman Israel di luar kota Ramallah.

Lalu, tiba-tiba, polisi menyamar itu menarik senjata, dan memukuli beberapa pemuda Palestina. Satu laki-laki Palestina, khususnya, menerima tendangan dan pukulan bertubi-tubi dari polsisi Israel. Dalam pengamatan video, seperti diungkap kepala biro Reuters di Yerusalem, menunjukkan bahwa polisi Israel melakukan penangkapan pascakejadian tersebut.

Dilansir Washington Post, Kamis (8/10), rekaman diupload oleh Kantor Berita Shehab. Dalam video yang sama juga menunjukkan setidaknya satu petugas polisi Israel melepaskan tembakan dari jarak dekat ke kaki seorang pengunjuk rasa Palestina yang sudah berbaring di tanah.

Menurut Ma’an News Agency, layanan berita Palestina, 18 pemuda Palestina terluka oleh peluru karet-baja di tengah bentrokan di lingkungan Ramallah, Rabu (7/10). Setelah selama tiga hari bentrok dengan warga Palestina di wilayah-wilayah Tepi Barat, peluru yang ditembakkan tentara Israel telah melukai sekitar 500 warga Palestina.


[sal]