3 pengertian dan definisi gerhana matahari berikut ini dikutip dari berbagai sumber. Proses gerhana matahari terjadi adalah bagian dari fenomena unik yang di terjadi. Pengertian dan proses terjadinya gerhana matahari diseluruh dunia bisa dipelajari berdasarkan teori yang akan di ulas pada kesempatan kali ini.

Masyarakat dari Sabang sampai Merauke di negara Indonesia mendadak heboh (meski ada yang cuek) saat terjadinya gerhana mahatari. Biasanya, pemerintah Indonesia melalui pihak berwenang memberikan peringatan dini sebelum gerhana matahari terjadi.

Luar biasanya keindahan alam sebagai dampak dari gerhana matahari. Itulah Maha Kuasanya Allah, namun tidak semua manusia menjadikan gerhana matahari sebagai instrumen untuk meningkatkan iman dan taqwa.

Berikut 3 Pengertian Gerhana Matahari yang penting untuk diketahui.

1. Menurut Ahli Astronomi
Gerhana matahari adalah jatuhnya bayang-bayang bulan ke bumi karena terhalangnya sinar matahari ke bumi oleh bulan. Terjadinya gerhana matahari ini tidak berlangsung lama. Ada yang hanya 3 menit sampai 7 menit.

2. Teori Umum
Gerhana matahari adalah suatu peristiwa matahari, bulan, dan bumi terletak pada satu garis yang lurus. Bulan berada diantara matahari dan bumi. Cahaya matahari terhalang oleh bulan, baik itu terhalang sebagian ataupun terhalang keseluruhan.

3. Menurut Wikipedia
Gerhana Matahari adalah gerhana yang terjadi ketika posisi bulan terletak di antara bumi dan matahari sehingga menutup sebagian atau seluruh cahaya matahari. Meski bulan lebih kecil, bayangan bulan mampu menghalangi sepenuhnya cahaya matahari yang memancar ke bumi karena bulan yang berjarak rata-rata 384.400 km dari bumi lebih dekat dibandingkan matahari yang mempunyai jarak rata-rata 149.680.000 km.

Selanjutnya, bagaimana proses terjadinya gerhana matahari?

Dalam banyak peristiwa, gerhana matahari dapat dibagi menjadi empat (4) macam. Hal tersebut dinilai sebagai proses terjadinya gerhana matahari dan pembahasannya sebagai berikut.

1. Gerhana Matahari Total
Pada gerhana ini terjadi dimana pada saat cahaya matahari tertutupi seluruhnya oleh sang bulan (rembulan). Kejadian tersebut yang terjadi pada jarak tertentu inilah yang menentukan terjadinya gerhana matahari total.

Gerhana matahari total

2. Gerhana Matahari Sebagian;
Maksud gerhana matahari ini terjadi adalah pada saat cahaya matahari tertutupi sebagian oleh bulan.

Informasi terkait gerhana matahari yang dalam posisi sebagian

3. Gerhana Matahari Cincin;
Cincin hanyalah istilah saja, bukan beneran. Dimana gerhana yang terjadi mirip dengan cincin.
Gerhana ini terjadi jika ukuran piringan bulan lebih kecil dari ukuran piringan matahari. Pada bagian tengah matahari gelap. Dan pinggirannya berbentuk cahaya sehingga seperti cincin yang bersinar.

Gambar terkait pengertian gerhana matahari dalam posisi cincin

4. Gerhana Matahari Hibrida;
Gerhana matahari ini terjadi saat bergeser antara gerhana matahari cincin dan total. Pada wilayah negara lain, gerhana matahari ini bisa berbentuk cincin. Sedangkan pada bagian negera lain gerhana matahari terlihat berbentuk total.

Presiden Jokowi Saat Melihat Gerhana Matahari

Kejadian unik gerhana matahari, sepertinya tidak mau dilewatkan oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Apalagi gerhana matahari yang terjadi di tahun 2016 ini melintasi sejumlah wilayah Indonesia. Fenomena alam langka itu disaksikan Jokowi di Istana Bogor.

“Menyaksikan gerhana matahari total dari Istana Bogor. Inilah tanda-tanda kekuasaan Allah, kebesaran Allah -Jkw,” tulis Jokowi di akun Twitter-nya, @jokowi, Rabu (9/3/2016).

Jokowi saksikan gerhana matahari. foto: twitter

Jokowi saksikan gerhana matahari. foto: twitter

Entah memang disengaja pakai sarung atau apa alasan Jokowi memakai sarung tidak disampaikan dalam informasi pada laman Twitter. Mungkin Jokowi ingin terlihat santai dalam menyaksikan peristiwa gerhana matahari itu.

Demikian informasi tentang pengertian dan definisi gerhana matahari serta proses terjadinya. Jika Anda belum pernah menyaksikan gerhana matahari, semoga tahun depan atau beberapa tahun lagi, Anda tidak melewatkannya.

referensi: Google,Wikipedia,Liputan6,Twitter,Pakmono