foto: google

5 Kebiasaan Buruk Sebagian Orang Indonesia Saat Berpuasa

Posted on

Selain manfaat kesehatan fisik, berpuasa di bulan suci Ramdhan diketahui banyak orang akan mendapatkan pahala sampai terampuninya dosa.

Tapi, amat disayangkan, pada prakteknya dijumpai kebiasaan buruk dikerjakan sebagian orang-orang Indonesia ketika menjalankan ibadah puasa. Apakah hal ini disebabkan ketidaktahuan atau memang sudah menjadi budaya, sepertinya sudah menjadi budaya.

foto: google
foto: google

Berikut beberapa prilaku buruk dalam berpuasa di bulan suci Ramadhan.

1. Banyak mengonsumsi makanan manis ketika sahur
“Sebaiknya hindari makanan yang cepat meningkatkan rasa lapar seperti makanan yang terlalu manis,” jelas DR. Dr. Saptawati Bardosono, MSc dari Departemen Ilmu Gizi FKUI.

Menurut Dr Tati, makanan yang terlalu manis dan karbohidrat sederhana akan meningkatkan gula darah secara cepat namun kemudian akan menurunkannya secara drastis. Pada akhirnya akan menyebabkan tubuh kekurangan zat gula sebagai zat tenaga sehingga tubuh cepat lemas, cepat lapar dan mengantuk.

2. Langsung tidur setelah sahur
“Setelah makan, makanan akan disimpan di dalam lambung. Kalau kamu langsung tidur setelah sahur, maka makanan itu akan berbalik arah lagi ke atas. Setidaknya beri jedah 1-2 jam,” ujar Dr Ari Fahrial Syam SpPD-KGEH, dari FKUI-RSCM.

Kondisi ini disebut refluks esofagus. Bila ini terjadi, makanan yang baru saja mencapai lambung akan berbalik arah ke kerongkongan dan membawa asam lambung. Akibatnya, kerongkongan akan terasa kering, panas, membuat mual, mulas dan ingin muntah. Ini akan semakin parah pada penderita maag.

3. Buka puasa dengan gorengan
Gorengan membawa efek yang tidak baik untuk saluran tenggorokan dan pencernaan, terutama bagi orang yang seharian mengosongkan perut. Makanan yang berlemak tinggi seperti gorengan akan membuat orang rentan terserang batuk dan memperlambat pengosongan lambung.

Dikutip dari evogood, hal ini tidak baik untuk orang yang baru berbuka puasa. Karena setelah 14 jam lambung kosong, tubuh butuh nutrisi yang cukup, tapi dengan adanya lemak tubuh akan merasa sudah kenyang dan akhirnya penyerapan nutrisi pun terhambat.

4. Balas dendam ketika berbuka sehingga makan terlalu banyak
“Puasa sebenarnya bagus sekali untuk kesehatan tubuh, sepanjang orang mau membatasi pola makannya. Dan tidak ada itu kata balas dendam,” ujar dr Arieska Ann Soenarta, Sp.JP (K), spesialis penyakit jantung dan pembuluh darah RS Harapan Kita.

Menurut dr Ann, banyak sekali kecenderungan orang makan tidak terkontrol pada bulan puasa, terutama pada saat buka puasa. Hal ini dapat diamati dengan penuhnya restoran-restoran mahal yang menyajikan berbagai makanan termasuk makanan berkolesterol tinggi, di saat buka puasa.

5. Setiap hari puasa tetapi berat badan malah naik
“Pada prinsipnya, orang menjadi gemuk karena makanan yang dikonsumsi lebih banyak dari makanan yang diolah menjadi tenaga. Hal ini banyak terjadi di bulan puasa,” ungkap Dr Samuel Oetoro, SpG.K., ahli gizi klinik FKUI-RSCM.

Editor: Wira
Sumber: Wol
 
 

Silahkan Berkomentar