Tidak sedikit orang yang ingin mendapatkan tips tidur sehat. Nah, bagi Anda yang ingin merasakan pengalaman tidur sehat dan berkualitas, dan sudah menghabiskan waktu mencoba cara-cara lain tapi tidak berhasil, informasi berikut ini layak untuk di coba.

Pentingnya menjadikan tidur malam jadi berkwalitas sebagai kebiasaan hidup. Meski terkesan sepele, tidak semua orang bisa mendapatkan tidur yang bermutu. Padahal aktivitas tidur adalah kegiatan yang rutin dilakukan. Bahkan tidak sedikit orang yang mengalami kesulitan untuk tidur. Akibatnya, mereka mengkomsumsi obat demi bisa untuk tidur. Salahkah perbuatan demikian? Pastinya, obat jika bukan jenis herbal, akan berdampak negatif kepada tubuh manusia. Lantas, mau sampai kapan tergantung dengan obat-obatan jika hendak tidur?

gambar: blogger

gambar: blogger

Baca buku, artikel atau bahkan sudah sampai konsultasi kepada dokter untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik dan benar. Waktu, biaya dan tenaga sudah banyak keluar, namun yang diharapkan belum juga terealisasi. Dimana salahnya? Begini. Teori yang berlaku kepada satu orang untuk tidur sehat, belum tentu berlaku kepada orang lain. Artinya, untuk mencapai pola tidur sehat, setiap orang berbeda-beda.

Tapi, Anda tidak usahlah berputus asa. Mencoba dan terus mencoba adalah suatu hal yang bijaksana. Dan kegagalan dalam sebuah hasil teori, pasti memberikan pelajaran tersendiri. Tiada yang sia-sia dalam hidup ini, apalagi hanya untuk masalah tidur.

Nah, kabar baiknya, untuk mencapai tidur berkualitas, berikut 7 tips tidur sehat untuk membantu Anda mencapai tidur yang berkualitas sepanjang masa.

1. Hindari semua jenis stimulan (perangsang) paling tidak 4-5 jam sebelum tidur. Termasuk juga kafein (yang terkandung dalam kopi, teh, atau minuman ringan Iain) dan nikotin.

2. Jangan minum alkohol. Meskipun alkohol mungkin bisa membantu tidur, tetapi ia akan mengganggu tidur Anda. Salah satunya, alkohol bisa menyebabkan Anda terjaga di tengah malam dan membuat Anda cenderung ingin bangun buang air kecil tengah madam.

3. Hindari makan makanan besar saar larut malam. Jika Anda lapar, makanlah makanan ringan. Karena makanan berat akan menyiksa anggota tubuh Anda yang sedang menuju istirahat.

4. Usahakan lakukan olah raga setiap hari, tapi jangan berolah raga selarna 3-4 jam karena ingin bisa tidur. Olah raga sewajarnya saja, bukan lamanya, namun kepada konsistensi prakteknya. Dengan berolah raga Anda pasti merasakan kondisi tubuh yang prima dan hal itu sangatlah berpengaruh kepada tidur yang sehat.

5. Pastikan lingkungan dan kondisi fisik Anda kondusif untuk tidur. Sebagai contoh, pastikan ruangan Anda redup dan sunyi, serta tempat tidur Anda nyaman.

6. Hindari melihat jam – ini hanya akan mernbuat Anda cemas dan frustrasi dan tidak akan membantu Anda untuk tidur.

7. Bangunlah sebuah rutinitas sebelum tidur. Mulailah dengan kegiatan ‘pengantar tidur’ selama satu jam sebelum Anda berangkat tidur. Jadikan satu jam ini. betul-betul sebagai waktu yang menenangkan dan lakukan rutinitas ini setiap malam. Aktivitasnya mungkin berupa rnandi air hangat atau minum segelas teh herbal. Bisa pula dengan mempraktikkan teknik relaksasi tertentu atau membaca buku serta rnendengarkan musik slow.

Bagi Anda yang beragama muslim, bisa diisi dengan mendengarkan bacaan ayat suci Al Qur’an dan dilanjutkan dengan sholat. Bukan saja kualitas tidur yang didapat, tapi juga pahala yang akan menjadi catatan di akhirat kelak. Kebiasaan mendengarkan bacaan Al Qur’an harus menjadi kebiasaan yang dilakukan setiap hari. Karena dampak positifnya dalam kehidupan begitu nyata. Mudah-mudahan dengan seringnya mendengarkan bacaan Al Qur’an, menjadikan kita sebagai penghafal Al Qur’an. Amin.

Demikian ulasan seputar tidur sehat. Semoga Anda bisa merasakan pengalaman tidur yang lebik baik dari sebelumnya.