Anda penasaran terkait dampak atau pengaruh gerhana matahari kepada tumbuhan? Jika iya, informasi berikut tidak hanya membahas tentang dampak kepada tumbuhan saja, namun juga pengaruh gerhana mahatari kepada hewan.

Dan yang membuat lebih menarik, pengaruh yang disampaikan berdasarkan pengamatan yang mendalam. Sehingga, secara dunia akademis, bisa dipertanggung jawabkan akurasinya secara teori maupun praktek.

Baca, Pengertian Gerhana Matahari 

Singkatnya, memang ada pengaruh gerhana matari total kepada tumbuhan. Dan berikut informasi lengkapnya.

Dilansir Tribunnews, Pustekkom Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan membawa pengamat Flora dan Fauna dari Institut Tekhnologi Bandung untuk melakukan pengamatan terhadap hewan dan tumbuhan, pengaruh gerhana matahari.

Pada saat momen Gerhana Matahari Total, Rabu (9/3/2016) ada terdapat dua ekor ayam, burung hantu, lalat buah, jangkrik dan tumbhan putri malu,

Dari hasil pengamatan selama proses saat akan memulai gerhana hingga selesai gerhana, menunjukan bahwa Gerhana Matahari Total dapat memberikan pengaruh terhadap flora dan fauna. Karena Fenomena gerhana mencerminkan kondisi dari mulai terbenam matahari sampai malam walau sangat singkat ke terbit matahari lagi.

“Pengaruhnya memang ada, karena teori organisme ada aktifitas harian, karena memiliki aspek yang dipengaruhi dua faktor,” jelas Prof Dr Tati Suryati, ahli Flora dan Fauna. ITB bersama Edison Taher kepala Dinas Pendidikan Kota Pangkalpinang di Pantai Pasir Padi Pangkalpinang.

Dimanak kata Tati, gerhana matahari akan mempengaruhi terhadap aktifitas harian.

Karena ada yang aktif pada malam hari dan siang hari. Bahkan dua faktor yaitu eksogen (lingkungan) endogen (biologis) yang merespon merespon tumbuhan.