Berikut adalah 30 pengertian dan definisi manajemen (Management) yang dikutip dari para ahli serta 7 fungsi manajemen lengkap. Fungsi manajemen baik digunakan dalam organisasi profit maupun non pofit. Tanpa manajemen, organisasi akan mengalami perlambatan dalam pertumbuhan dan kinerjanya.

Perusahaan besar kelas dunia menjadikan manajemen sebagai faktor penting dalam mendongkrak kinerja. Hal itu tak bisa dipungkiri lagi. Karena ada sebuah pernyataan Ali Bin Abi Thalib ra, “Kebhatilan yang terorganisir dengan rapi akan mengalahkan kebaikan yang tidak terorganisir dengan rapi.”

Artinya, gerakan kebaikan hanya tinggal nama saja jika dikerjakan tanpa manajemen yang baik.

Nah, untuk mengetahui dengan benar tentang manajemen, ada baiknya kita sama-sama memahami arti atau apa sih manajemen itu. Hal ini supaya dalam prakteknya, semua yang terkait dengan manajemen, apakah itu manajemen diri, manajemen keluarga sampai manajemen organisasi bisa dipahami dengan baik dan benar.

Inilah informasi terkait 30 Pengertian dan Definisi Manajemen Menurut Para Ahli yang dikutip dari berbagai sumber, baik di Google, Blogger, mesin pencari. Semua sumber itu sepertinya bersumber dari buku yang banyak jadikan referensi mahasiswa, dosen atau pelajar.

#1. Menurut Ahli Henry Fayol:
Manajemen mengandung gagasan lima fungsi utama yaitu, merancang, mengorganisasi, memerintah, mengoordinasi, dan mengendalikan. Sedangkan fungsi manajemen adalah elemen-elemen dasar yang akan selalu ada dan melekat di dalam proses manajemen yang akan dijadikan acuan oleh manajer dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan.

#2. Menurut Ahli James A.F. Stoner (2006:Organisasi.org)
Manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya dari anggota organisasi serta penggunaan sumua sumber daya yang ada pada organisasi untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya.

#3. Menurut Ahli Mulayu S.P. Hasibuan (2000:2)
Manajemen adalah ilmu dan seni mengatur proses pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya secara efektif dan efisien untuk mencapai satu tujuan.

#4. Menurut Ahli T.Hani Handoko (2000:10)
Manajemen adalah bekerja dengan orang-orang untuk menentukan, menginterpretasikan, dan mencapai tujuan-tujuan organisasi dengan pelaksanaan fungsi-fungsi perencanaan, pengorganisasian, penyusunan personalia, pengarahan, kepemimpinan dan pengawasan.

#5. Menurut Ahli Marry Parker Follet
Manajemen adalah & seni untuk melaksanakan suatu pekerjaan melalui orang lain

#6. Menurut Ahli Prof. Oie Liang Lee
Manajemen adalah ilmu dan seni mengkoordinasikan serta mengawasi tenaga manusia dengan bantuan alat-alat untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

#7. Menurut Ahli The Liang Gie, 1982
Manajemen adalah unsur yang merupakan rangkaian perbuatan menggerakkan karyawan-karyawan dan mengarahkan segenap fasilitas kerja agar tujuan organisasi yang bersangkutan benar-benar tercapai.

#8. Menurut Ahli George R. Terry, 1994
Manajemen dalam bukunya Principles of Management yaitu “Suatu proses yang membedakan atas perencanaan, pengorganisasian, penggerakan dan pengawasan dengan memanfaatkan baik ilmu maupun seni demmi mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya”.

#9. Menurut Ahli Dr. Sp. Siagian dalam buku & FILSAFAT ADMINISTRASI
Manajemen adalah kemampuan atau keterampilan untuk memperoleh suatu hasil dalam rangka pencapaian tujuan melalui orang lain

#10. Menurut Ahli Ordway Tead yang disadur oleh Drs. He. Rosyidi dalam buku ORGANISASI DAN MANAGEMENT
Manajemen adalah Proses dan kegiatan pelaksanaan usaha memimpin dan menunjukan arah penyelenggaraan tugas suatu organisasi di dalam mewujudkan tujuan yang telah ditetapkan.

#11. Menurut Ahli Renville Siagian
Manajemen adalah suatu bidang usaha yang bergerak dalam bidang jasa pelayanan dan dikelola oleh para tenaga ahli terlatih serta berpengalaman.

#12. Menurut Ahli Richard L.Daft (2002:8)
Manajemen adalah pencapaian sasaran-sasaran organisasi dengan cara yang efektif dan efisien melalui perencanaan pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian sumberdaya organisasi.

#13. Menurut Ahli Oxford
Manajemen ialah the process of dealing with or controlling people or things (proses berurusan dengan atau mengendalikan orang atau benda).

#14. Menurut Ahli Horold Koontz
Manajemen adalah usaha untuk mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain.

#15. Menurut Ahli Lawrence A. Appley
Manajemen adalah seni pencapaian tujuan yang dilakukan melalui usaha orang lain.

#16. Menurut Ahli Hilman
Manajemen adalah fungsi untuk mencapai sesuatu melalui kegiatan orang lain dan mengawasi usaha-usaha individu untuk mencapai tujuan yang sama.

#17. Menurut Ahli Ricky W. Griffin:
Manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.

#18. Menurut Ahli William H. Newman:
Manajemen adalah fungsi yang berhubungan dengan memperoleh hasil tertentu melalui orang lain.

#19. Menurut Ahli Drs. Oey
Manajemen adalah perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian dan pengontrolan.

#20. Menurut Ahli Prof. Eiji Ogawa
Manajemen adalah Perencanaan, Pengimplementasian dan Pengendalian kegiatan-kegiatan termasuk system pembuatan barang yang dilakukan oleh organisasi usaha dengan terlebih dahulu telah menetapkan sasaran-sasaran untuk kerja yang dapat disempurnakan sesuai dengan kondisi lingkungan yang berubah.

#21. Menurut Ahli Federick Winslow Taylor
Manajemen adalah Suatu percobaan yang sungguh-sungguh untuk menghadapi setiap persoalan yang timbul dalam pimpinan perusahaan (dan organisasi lain)atau setiap system kerjasama manusia dengan sikap dan jiwa seorang sarjana dan dengan menggunakan alat-alat perumusan.

#22. Menurut Ahli Lyndak F. Urwick
Manajemen adalah Forecasting (meramalkan), Planning Orga-nizing (perencanaan Pengorganisiran), Commandin (memerintahklan), Coordinating (pengkoordinasian) dan Controlling (pengontrolan).

#23.Menurut Ahli Cyril O’donnel
Dalam bukunya yang berjudul Principles of Management mengemukakan, manajemen adalah berhubungan dengan pencapaian sesuatu tujuan yang dilakukan melalui dan dengan orang-orang lain.

#24. Menurut Ahli Ensiclopedia of The Social Sciences
Manajemen diartikan sebagai proses pelaksanaan suatu tujuan tertentu yang diselenggarakan dan diarvasi.

#25. Menurut Ahli Gordon (1976) dalam Bafadal (2004:39)
Menyatakan bahwa manajemen merupakan metode yang digunakan administrator untuk melakukan tugas-tugas tertentu atau mencapai tujuan tertentu.

#26. Menurut Ahli Millet (1954)
Manajemen adalah proses memimpin dan melancarkan pekerjaan dari orang-orang yang terorgasisir secara formal sebagai kelompok untuk memperoleh tujuan yang diinginkan.

#27. Menurut Ahli Davis (1951)
Manajemen adalah fungsi dari setiap kepemimpinan eksecutif dimanapun.

#28. Menurut Ahli Kimball and Kimball (1951)
Manajemen terdiri dari semua tugas dan fungsi yang meliputi penyusunan sebuah perusahaan, pembiayaan, penetapan garis-garis besar kebijaksanaa,penyediaan semua peralatan yang diperlukan dan penyusunan kerangka organisasi serta pemilihan para pejabat terasnya.

#29. Menurut Ahli Peter Drucker
Dalam buku The Principles of Management yang ditulis oleh pencetus teori bisnis Amerika yang meraih penghargaan Presidential Medal of Freedom di tahun 2002 ini, manajemen adalah organ yang memiliki banyak tujuan untuk mengelola bisnis serta mengelola manajer dan juga mengelola pekerja dan bekerja.

#30. Menurut Ahli Chaster I Bernard :
Manajemen adalah seni dan ilmu

Setelah mengetahui tentang apa itu manajemen dalam sisi pengertian atau definisi, berikutnya Anda juga harus mengetahui tentang fungsi dari manajemen.

Dalam praktenya, fungsi manajemen sangat startegis. Maka dari itu memahami tentang fungsi manajemen sangat dianjurkan bagi siapa saja, terutama bagi mereka yang sedang fokus menempuh mata kuliah manajemen di kampus atau universitas.

Simak, 7 Fungsi Manajemen berikut ini.

1. Fungsi Perencanaan (Planning)
Fungsi perencanaan merupakan fungsi yang paling pertama. Sebuah manajemen harus mampu membuat sebuah perencanaan organisasi yang di-manage-nya. Dalam fungsi perencanaan setidaknya manajemen harus mampu menetapkan tujuan perusahaan, menentukan langkah-langkah yang akan diambil, merumuskan resiko dan hambatan yang akan dihadapi. Jadi intinya pada fungsi ini manajemen dituntut memiliki visi yang jauh kedepan mengenai arah perusahaan yang dijalankannya. Bagaimana bila manajemen tidak memiliki perencanaan? Silahkan terbitkan SK pembubaran organisasi, tutup pintu kantor, pasang tulisan ”disewakan”, lalu pulanglah ke rumah. Lebih baik sebelum organisasi jalan dengan kacau-balau dan mengalami kerugian yang besar.

2. Fungsi Penganggaran (Budgeting)
Fungsi budgeting sebenarnya merupakan sebuah perencanaan juga, tetapi lebih spesifik disini dalam hal perencanaan keuangan. Setelah manajemen menetapkan sebuah planning mengenai langkah-langkah yang akan dilakukannya, selanjutnya perlu dilakukan sebuah perencanaan keuangan yang akan digunakan dalam menjalankan roda organisasinya. Disini manajemen perlu membuat rencana pengeluaran, rencana arus kas, serta gambaran mengenai potensi dan sumber pemasukan.

3. Fungsi Penyusunan (Staffing)
Pada fungsi ini manajemen harus melakukan penyusunan posisi dan tugas-tugas setiap departemennya. Perlu diperhatikan bahwa penyusunan yang dibentuk harus mendukung apa yang telah menjadi planning dari awal agar fungsi ini singkron dengan visi organisasi dan tidak ada saling tumpang-tindih tugas. Selain itu pada fungsi ini juga ditekankan mengenai penunjukan, pemilihan, pengangkatan, dan pembinaan sumber daya manusia.

4. Fungsi Pengarahan (Directing)
Setelah tahapan fungsi staffing dijalankan, maka berikutnya perlu sebuah pengarahan. Fungsi ini sebenarnya bagian dari Leading. Pada fungsi ini manajemen dituntut mampu memberikan pengarahan terkait visi dan misi organisasi, prinsip-prinsip yang dipegang, langkah-langkah, dan tentu tugas setiap departemen agar jalannya organisasi lebih terarah dan selaras dengan tujuan yang ditetapkan.

5. Fungsi Pengawasan (Controlling)
Pada fungsi pengawasan, seluruh jalannya organisasi yang telah dilakukan harus diawasi agar tetap dalam arah yang telah ditentukan sebelumnya. Dalam tahap ini juga dilakukan pengawasan mengenai hal-hal yang tidak diinginkan atau resiko yang mungkin saja terjadi. Pengawasan juga dimaksudkan untuk mengetahui sejauh mana hasil yang telah dicapai oleh organisasi dan membandingkannya dengan apa yang telah direncanakan.

6. Fungsi Kordinasi (Coordinating)
Kordinasi juga merupakan bagian dari Leading, sama halnya dengan pengarahan. Bila dalam tahap pengarahan hanya ada interaksi dari manajemen ke bawahan, maka dalam fungsi kordinasi ada sebuah interaksi dan saling tukar informasi. Interaksi ini dibutuhkan agar ketika berjalannya roda organisasi, dapat dilakukan pembaharuan untuk kepentingan perbaikan organisasi.

7. Fungsi Pelaporan (Reporting)
Fungsi terakhir adalah pelaporan kepada stakeholder atau pihak-pihak yang berkepentingan. Seluruh jalannya organisasi mulai dari perencanaan, penganggaran, pengawasan, hingga kordinasi harus dilaporkan. Stakeholder yang dimaksud disini biasanya dalam perusahaan yaitu pemegang saham atau bisa juga komisoner, sedangkan dalam pemerintahan yaitu masyarakat sendiri (sesuai konsep demokrasi).

Itulah 7 fungsi manajemen yang dikutip dari laman edukreatif.com. Entah apa yang terjadi jika hidup yang kita lalui tanpa adanya sebuah manajemen. Atau tidak tahu apa yang akan terjadi jika seorang yang mempelajari ilmu manajemen tidak tahu pengertian manajemen dan fungsi manajemen.

Semoga 30 pengertian atau definisi manajemen menurut para ahli bisa memberikan manfaat bagi Anda. Mohon maaf dan silahkan dikoreksi jika terjadi kesalahan dalam penulisan atau penyajian informasi. Dalam belajar, budaya saling mengingatkan dapat menjadi sistem informasi belajar yang efektif.