Isak tangis Ahok menghiasi pada sidang perdana dugaan penistaan agama oleh Basuki Tjahja Purnama alias Ahok digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Selasa (13/12/16). Suami Veronika itu membacakan nota keberatan di hadapan majlis hakim yang juga disiarkan secara langsung.

Publik sangat serius mengamati eksepsi yang dibacakan Ahok. Anehnya, Ahok melalui pengakuannya justru melakukan blunder. Di hari sidang perdananya itu, Ahok sudah berbohong. Dimanakah letak kebohongan Ahok?

“Sampai sekarang, saya rutin berziarah ke makam Ibu angkat, di Karet Bivak. Bahkan saya tidak mengenakan sepatu atau sendal saat berziarah, untuk menghargai keyakinan dan tradisi orang tua dan saudara angkat saya itu.” ujar Ahok sebagaimana dilansir oleh Republika, Selasa (13/12/16) dan pengakuan Ahok tersebut bisa juga disaksikan di vide ini, pada menit 2:48.

https://youtu.be/DmU0ccybJhc
Terkesan sepele ketika Ahok mengatakan ‘melepas sandal atau sepatu’ saat berziarah. Tetapi, ia menggunakan diksi ‘bahkan’ yang bermakna penekanan akan pentingnya ‘melepas sandal atau sepatu’ saat berziarah sebagai bentuk penghormatan atas tradisi yang berlaku.

Sayangnya,dalam berita berjudul Ahok Sempatkan Ziarah ke Makam Ibu Angkatnya Jelang Ramadhan yang dipublikasikan oleh Kompas.com, terlihat jelas bahwa Ahok berziarah menggunakan jas, celana panjang, lengkap dengan sepatunya.

Selain itu, Pemprov DKI melalui chanel Youtube pernah juga mengabadikan bahwa Ahok tetap memakai sepatu ziarah ke makam ibu angkatnya. Berikut videonya.

https://youtu.be/-pRctESFbFw