Jalannya pemerintahan dalam melayani rakyat harus berdasarkan konsep yang jelas. Dengan adanya konsep, maka pertimbangan dalam memutuskan sebuah kebijakan dalam di pertanggungjawabkan.

Terkait dengan hal itu, Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) di DPR membandingkan Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) dengan pemerintahan era Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam mengatasi persoalan masyarakat. PAN menilai pemerintahan era SBY lebih dewasa dalam menyikapi berbagai persoalan.

Ketua Fraksi PAN di DPR Mulfachri Harahap mengatakan, era pemerintahan SBY lebih bijak dalam menyikapi berbagai persoalan bangsa. Biasanya, kata dia Pemerintahan SBY memberikan penjelasan ke publik atas berbagai persoalan bangsa yang terjadi.

“Walaupun ada kekurangan di sana sini, harus kita akui bahwa pemerintah sebelumnya lebih memiliki konsep untuk mengatasi sejumlah persoalan yang kita hadapi,” ujar Mulfachri, Kamis (5/1/2017), seperti dilansir Sindonews.

Sebaliknya, masyarakat belum mengetahui detail penyebab naiknya biaya pengurusan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB). Dia menambahkan, masyarakat juga bingung dengan kebijakan pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak 9BBM) dan tarif dasar listrik.

“Nah ‎yang sekarang (Jokowi-red), kita tidak melihat itu. Dalam bahasa yang gamblang, pemerintahan sekarang sepertinya kurang memahami masalah yang kita hadapi,” ucapnya.