Pekanews

Portal informasi masa kini

Pengertian Globalisasi Menurut Emanuel Ritcher


Globalisasi merupakan sebuah proses penyebaran unsur-unsur baru yang menyangkut banyak aspek, terutama informasi dan komunikasi negara di dunia. Hal tersebut meliputi media cetak ataupun elektronika yang semakin maju dan menjadi salah satu faktor terbentuknya globalisasi.

Sehingga di era digital dan kecanggihan teknologi seperti sekarang, arus globalisasi menjadi semakin berkembang pesat. Hal ini juga disebabkan oleh perkembangan internet maupun teknologi, serta didukung dengan penggunaannya yang semakin meluas.

Singkatnya, perkembangan informasi dan komunikasi ini mampu menyempitkan ruang interaksi yang terjadi antar sesama manusia. Menanggapi proses globalisasi ini, banyak pakar dunia yang juga turut menyatakan pendapatnya. Salah satunya adalah pengertian globalisasi menurut Emanuel Ritcher. Baca juga: Pengertian Globalisasi Menurut IMF dan Bank Dunia

Pengertian Globalisasi Menurut Emanuel Ritcher

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, Emanuel Ritcher adalah salah satu pakar yang mengemukakan pendapatnya mengenai globalisasi. Apa pengertian globalisasi menurut Emanuel Ritcher? Di bawah ini akan dibahas secara lengkap beserta penjelasannya.

Globalisasi menurut Emanuel Ritcher adalah jaringan kerja global yang memiliki misi atau tujuan tertentu melalui penyatuan orang. Dalam hal ini berlaku untuk penyatuan masyarakat yang sebelumnya berada di wilayah berbeda, sehingga terjalin ketergantungan dan persatuan.

Proses globalisasi ini dapat membuat perubahan kehidupan di dunia yang dulunya sederhana menjadi multidimensional. Sehingga dampaknya juga mampu menguatkan sistem ekonomi, teknologi, politik, serta budaya individu maupun negara.

Meski sebelumnya, proses globalisasi sangat dikaitkan dengan sistem ekonomi. Konsep tersebut mengacu pada awal mula globalisasi yang erat dengan liberalisasi perdagangan bebas. Hal ini ditandai dengan kemunculan perusahaan berskala multinasional seperti Siemens, Toyota, Coca Cola, Samsung, dan juga Mc Donalds.

Setelah mengetahui penjelasan dan pengertian globalisasi menurut Emanuel Ritcher, bisa disimpulkan bahwa globalisasi membentuk masyarakat menjadi bersatu dan saling bergantung. Tentu saja hal kondisi ini akan sangat mempengaruhi seluruh aspek dan tatanan masyarakat dalam kehidupan.

Mulai dari aspek individu, kelompok, hingga antar bangsa maupun negara. Terjadinya lintas akibat globalisasi ini, tentunya juga berlanjut sampai sekarang dan hampir tidak bisa dijauhkan dari kehidupan. Bagaimana pun arus globalisasi akan semakin berkembang seiring kemajuan jaman.
Author Profile

About Syafina

Suka menulis dan berbagi lewat tulisan

0 Komentar

Posting Komentar