Pekanews

Portal informasi masa kini

Bingung Mengatasi Masuk Angin Pada Anak? SehatQ.com Punya Solusinya

Mengatasi Masuk Angin Pada Anak

Obat masuk angin di Apotik memang banyak, tetapi jika dikonsumsi berlebihan tak bagus untuk kesehatan. Hal itu karena anak-anak rentan masuk angin karena sistem kekebalan tubuhnya masih lemah, ditambah lagi cuaca sering berubah-ubah sehingga memicu masuk angin. Sebagai orang tua, wajib cekatan mengatasi masuk angin pada anak sehingga mereka selalu ceria.

Cara Ampuh Mengatasi Masuk Angin Pada Anak

Jangan salah loh, masuk angin pada anak tak harus diobati dengan obat. Banyak cara tradisional yang menyembuhkan masuk angin, jika anda bingung dapat mencari wawasan pada situs SehatQ. Dijamin informasi yang disajikan lengkap dan valid, dibawah ini ada cara ampuh mengatasi masuk angin yang bisa dilakukan di rumah:

Biarkan Anak Istirahat

Saat masuk angin, anak-anak cenderung sulit istirahat karena badan terasa nyeri. Walaupun rewel, berusahalah membujuk agar ia mau beristirahat. Berikan mainan kesukaan atau dekatkan dengan hobi agar perasaannya nyaman. Jika anak masih diberikan ASI, berikan ASI di kamar agar suasananya nyaman.

Sebaliknya, jika sudah di sapih bisa bacakan dongeng. Usahakan anda mendampingi anak agar ia merasa tenang, perlahan pasti akan tertidur, sesekali oleskan minyak telon atau kayu putih di perut dan dada untuk melegakan tenggorokan dan mengurangi rasa mual.

Gunakan Obat Tradisional

Anda pasti mengenal bawang merah, apalagi termasuk bumbu masakan yang wajib ada di dapur. Siapa sangka, bawang merah obat masuk angin anak yang terbukti ampuh loh. Banyak yang membuktikan karena menjadi warisan nenek moyang, pastinya tak ada efek samping sehingga aman dipakai berkali-kali.

Intinya, sesuaikan jarak anak masuk angin. Anda bisa membakar bawang merah pada api beserta asam blimbing, kemudian berikan 3 tetes minyak angin bayi. Hancurkan menggunakan tangan dan balurkan ke tubuh anak, pastikan perut dan telapak kaki dibaluri agar masuk angin cepat hilang.

Tidak Menggunakan Kendaraan

Umumnya, orang tua akan mengajak buah hati menaiki kendaraan disaat rewel. Alasannya agar tenang dan tak menangis lagi, padahal menggunakan kendaraan terus menerus adalah penyebab anak masuk angin. Alasannya anak anda terkena hembusan angin secara langsung, bahkan saat malam hari lebih cepat masuk angin karena angin malam tak bagus untuk kesehatan.

Bijaklah mengajak anak menggunakan kendaraan agar terhindar dari masuk angin. Walaupun terkesan sepele, tetapi mengatasi masuk angin pada anak membutuhkan kesabaran lantaran anak tak bisa mengontrol emosi sehingga selalu menangis.

Memijat Perut Anak

Pijat termasuk pengobatan tradisional yang diminati banyak orang, apalagi bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Bahkan, pijat menjadi obat masuk angin dan perut kembung pada anak. Agar anak tetap nyaman, pijatlah secara perlahan seraya dibalurkan minyak angin anak.

Pijatan hangat ibu membuat anak nyaman dan bisa terlelap. Yang penting adalah membuat anak nyaman selama dipijat, dengan begitu masuk angin reda. Jika anda ragu memijat, bisa meminta pertolongan sanak saudara atau orang ahli memijat.

Tak perlu bingung mengatasi masuk angin pada anak, banyak cara menyembuhkan masuk angin agar bisa ceria. Bahkan anda bisa berkonsultasi dengan tim dokter profesional, cukup mengunjungi toko SehatQ untuk mendalami pengobatan masuk angin. Banyak manfaat menggunakan situs tersebut, cukup berdiam diri di rumah dan jelajahi situs kesehatan terpercaya. Di situs tersebut terdapat cara mengatasi masuk angin berat yang rentan membahayakan kesehatan anak, jelajahi agar kesehatan anak senantiasa terjaga.
Author Profile

About Syafina

Suka menulis dan berbagi lewat tulisan

0 Komentar

Posting Komentar