Pekanews

Portal informasi masa kini

Ciri Ciri Hewan Crustaceae

Ciri Ciri Hewan Crustaceae

Dalam ilmu biologi, hewan crustaceae tergolong ke dalam hewan invertebrata dengan kelompok yang cukup besar. Terdapat lebih dari 12.000 spesies yang termasuk hewan crustaceae. Beberapa jenis spesies tersebut merupakan hewan yang kini telah familiar dan sering ditemui, seperti kepiting, lobster, dan udang.


Ciri-ciri hewan crustaceae

Umumnya, hewan crustaceae identik dengan tubuhnya yang cenderung keras dan bercangkang. Meskipun tidak secara keseluruhan spesiesnya memiliki kecenderungan yang sama. Berikut ciri-ciri hewan crustaceae yang lazim dikenal dalam ilmu biologi.

Struktur Tubuh

Ciri hewan crustaceae yang pertama adalah memiliki 2 bagian struktur tubuh. Kedua bagian tersebut yaitu sefalothoraks untuk bagian kepala yang menyatu dengan dada sekaligus menjadi tempat melekatnya kaki dan abdomen untuk bagian perutnya.

Baca juga: Ciri Ciri Hewan Omnivora

Sistem Reproduksi

Ciri lain hewan crustaceae adalah melakukan sistem reproduksi dengan cara kawin. Dalam hal ini hewan crustaceae jantan akan mengawini induk betina melalui hubungan kontak kelaminnya sampai akhirnya mengalami pembuahan.

Sistem Pencernaan

Klasifikasi hewan ini telah memiliki sistem pencernaan yang utuh dengan keberadaan organ-organ pencernaan, meliputi mulut, kerongkongan, lambung, usus, hingga anus.

Sistem Peredaran Darah

Hewan crustaceae termasuk dalam hewan yang memiliki sistem peredaran darah terbuka. Sistem ini memungkinkan darah dialirkan ke seluruh jaringan melalui ruas-ruas tubuh.

Kulit

Karena memiliki karakter kulit yang relatif keras, hewan crustaceae melakukan pergantian kulit secara berkala selama proses pertumbuhannya menjadi dewasa.

Tubuh Tanpa Sayap

Semua jenis hewan crustaceae tidak memiliki sayap dari struktural organ tubuhnya. Dengan begitu hewan ini tidak mampu berpindah tempat dengan cara terbang atau melakukan fungsi layaknya hewan bersayap.

Memiliki Kaki

Karena tidak memiliki sayap, hewan crustaceae menggunakan sepasang kaki di ruas-ruas tubuhnya untuk berjalan. Adapun jumlah kakinya sebanyak 5 pasang yang terletak di bagian dadanya.

Memiliki Antena

Hewan crustaceae memiliki dua buah antena yang berguna untuk indera peraba dan perasa serta difungsikan pula untuk menjaga keseimbangan tubuh di setiap aktivitas-aktivitas tertentu.

Habitat di Air

Hewan crustaceae lebih didominasi oleh jenis-jenis hewan yang hidup di air, baik tawar maupun laut. Meskipun beberapa jenisnya juga mampu bertahan hidup di daratan untuk beberapa waktu.

Cara Bernafas

Sesuai tempat habitatnya, hewan yang satu ini bernafas melalui insang untuk menyerap oksigen yang dibawa oleh aliran air. Kemudian akan mengeluarkan karbondioksida dengan amcara difusi sebaliknya.

Demikian ciri-ciri hewan crustaceae yang bisa Anda jadikan sebagai referensi. Ciri-ciri tersebut merupakan karakteristik hewan crustaceae secara umum, beberapa jenis hewan mungkin memiliki perbedaan meskipun tidak cukup mencolok dan signifikan.

 

Ciri Ciri Hewan Crustaceae – Pekanews

Author Profile

About Syafina

Suka menulis dan berbagi lewat tulisan

0 Komentar

Posting Komentar