Pekanews

Portal informasi masa kini

Ciri Ciri Hewan Omnivora

Ciri Ciri Hewan Omnivora

Klasifikasi hewan omnivora merujuk pada jenis spesies gabungan antara hewan karnivora dan herbivora. Secara ilmiah omnivora merupakan penggabungan dua istilah dari bahasa latin, yaitu omne dan vorera yang berarti pemakan semuanya. Dalam hal ini, omnivora diartikan sebagai hewan pemakan daging sekaligus tumbuhan.


Ciri-ciri hewan omnivora

Mengingat karakteristik hewan yang tergolong omnivora berbeda dengan hewan karnivora dan herbivora, maka kecenderungan ciri-ciri yang dimilikinya pun terbilang unik. Sebab beberapa karakter hewan omnivora merupakan kombinasi dari ciri-ciri hewan pemakan daging dan tumbuhan.

Baca juga: Ciri Ciri Kucing Betina dan Jantan Birahi

Adapun secara umum, hewan omnivora memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

  • Bersedia menjadikan beberapa jenis tumbuhan dan daging sebagai makanannya.
  • Sistem pencernaan relatif kompleks, dimana struktur organnya mampu menerima asupan tumbuhan atau daging layaknya hewan karnivora dan herbivora.
  • Gigi bagian depan untuk beberapa hewan omnivora cenderung tajam. Hal ini berguna untuk lebih memudahkan hewan dalam memotong berbagai jenis makanan.
  • Gigi bagian belakang sedikit rata dengan tujuan agar hewan omnivora bisa mengunyah makanan lebih lembut meskipun jenis asupannya berbeda-beda.
  • Sebagian besar hewan omnivora merupakan hewan bukan mamalia. Hanya beberapa spesies hewan menyusui saja yang tergolong pemakan daging dan tumbuhan.
  • Hewan omnivora lebih sering ditemui pada hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur. Adapun beberapa hewan omnivora juga memiliki sistem reproduksi dengan beranak.

Baca juga: Ciri Ciri Umum Kingdom Animalia

Contoh hewan omnivora

Jenis hewan yang masuk dalam kategori omnivora beberapa diantaranya bisa dilihat di sekitar lingkungan tempat tinggal kita, contoh sederhananya adalah ayam dan babi.

Ayam

Salah satu hewan yang banyak diternak ini merupakan contoh hewan omnivora. Ayam termasuk jenis unggas yang mencari/memakan makanan berupa beras/padi/sejenisnya. Tidak hanya itu, beberapa jenis serangga juga menjadi makanan favorit ayam.

Baca juga: Ciri Ciri Hewan Arachnida

Babi

Selain ayam, babi juga dikategorikan sebagai hewan omnivora. Hal ini disebabkan babi sering mengkonsumsi berbagai jenis rumput dan serangga. Sehingga babi bisa dikategorikan sebagai hewan pemakan makanan jenis nabati sekaligus hewani. Ciri Ciri Tumbuhan Melinjo

Selain kedua contoh hewan tersebut, beberapa jenis hewan lain yang termasuk pemakan daging sekaligus tumbuhan juga terdapat pada simpanse, monyet, orang utan, gorila, lumba-lumba, beberapa jenis beruang dan anjing, serta hewan-hewan lainnya. Demikian penjelasan singkat tentang pengertian dan ciri-ciri hewan omnivora yang bisa menjadi referensi Anda.

 

Ciri Ciri Hewan Omnivora – pekanews

Author Profile

About Syafina

Suka menulis dan berbagi lewat tulisan

0 Komentar

Posting Komentar