Ciri Ciri Hewan Arachnida

Hewan arachnida merupakan salah satu bagian dari kelas invertebrata athropoda yang cukup populer. Hewan ini termasuk dalam kelompok subfilum chelicerata. Beberapa hewan yang dikategorikan masuk sebagai hewan arachnida seperti laba-laba, ronggeng, dan kalajengking. Hewan-hewan ini hampir secara keseluruhan telah mengembangkan selnya sehingga menjadi multiseluler.

Ciri Ciri Hewan Arachnida

Secara umum, ciri-ciri hewan arachnida sebagai berikut.

1. Struktur Tubuh

Ciri-ciri hewan arachnida yang paling menonjol adalah struktur fisiknya. Tubuh hewan ini terbentuk dari chepalothorak, pedisel, dan abdomen. Chepalothorak adalah bagian kepala dan badan yang menyatu, abdomen adalah bagian badan belakang yang tidak bersegmen dan memiliki alisera atau alat penyengat. Sedangkan pedisel merupakan pembatas di antara keduanya.

Baca juga: Ciri Ciri Hewan Porifera

2. Jumlah Kaki

Hewan arachnida memiliki 4 pasang kaki yang terletak di bagian chepalothorak. Kaki tersebut bukan hanya sebagai alat penggerak tubuh, namun juga memiliki dua fungsi lainnya, masing-masing sebagai alat capit yang disebut pedipalpus dan alat sengat yang disebut kalisera.

3. Sistem Pernapasan

Sistem pernapasan hewan arachnida diatur oleh trakea. Proses berlangsungnya pernapasan tersebut terjadi melalui spirakel, dimana oksigen yang masuk akan diteruskan ke seluruh tubuh. Spirakel sendiri adalah lubang-lubang di trakea yang terletak pada segmen tubuh di bagian tengah dan belakang.

Baca juga: Ciri Ciri Hewan Amfibi

4. Sistem Saraf

Sistem saraf hewan arachnida terdiri dari ganglion dan simpul saraf. Keduanya sama-sama terletak di bagian kepala hewan. Karakteristik saraf pada hewan arachnida terbilang unik jika dibandingkan hewan jenis lainnya.

5. Alat Ekskresi

Alat ekskresi yang digunakan oleh hewan arachnida adalah pembuluh malpighi. Pembuluh ini berfungsi sebagai pengatur konsentrasi air dan amonia dalam tubuh. Berada di pangkal dinding usus, pembuluh malpighi memiliki bentuk menyerupai benang halus berwarna putih kekuningan.

Baca juga: Ciri Ciri Hewan Crustaceae

6. Penglihatan

Berbeda dari klasifikasi athropoda lainnya, ciri hewan arachnida hanya memiliki mata ocellus yang difungsikan untuk mendeteksi insensitas cahaya yang diterimanya. Mata ocellus sendiri sering disebut sebagai mata tunggal yang berbentuk segitiga kecil.

Demikian 6 poin mungkin bisa menjadi referensi Anda untuk mengenal ciri-ciri hewan arachnida. Karakteristik tersebut merupakan bagian-bagian yang secara umum terdapat pada hewan arachnida.

 

Ciri Ciri Hewan Arachnida – Peka News

Originally posted 2020-10-03 22:21:28.