Ciri Ciri Hewan Porifera

Dalam bahasa istilah, porifera tersusun dari dua bahasa, pori dan ferrae yang berarti memiliki lubang kecil atau pori-pori di tubuhnya. Hewan-hewan yang termasuk dalam porifera diklasifikasikan sebagai golongan invertebrata atau hewan yang tidak memiliki tulang belakang.

Hewan porifera sering dianggap sebagai penyusun terumbu karang. Hal ini disebabkan karena kehidupannya yang menetap di suatu dasar laut tanpa melakukan pergerakan secara aktif.

Ciri-ciri hewan porifera

Seperti halnya spesies hewan pada umumnya, hewan porifera juga memiliki ciri-ciri tersendiri yang membedakannya dengan jenis hewan lainnya. Berikut ciri-ciri dari hewan porifera yang bisa Anda ketahui.

Hidup di dasar laut

Hewan-hewan porifera seringkali menjadikan dasar laut sebagai tempat habitatnya. Umumnya mereka hidup dengan cara menempel pada individu lain di sekitarnya.

Tidak memiliki jaringan tubuh

Hewan porifera termasuk dalam kelompok jenis invertebrata yang tidak memiliki jaringan. Istilah ini sering disebut sebagai metazoa. Metazoa sendiri merupakan hewan yang tidak memiliki sekumpulan sel-sel pembentuk jaringan tubuh.

Baca juga: Ciri Ciri Hewan Amfibi

Membentuk rangka dengan spikula

Pada hewan porifera, kerangka tubuhnya dibentuk oleh spikula. Spikula ini memang secara umum dimiliki oleh hewan porifera dengan kandungan berupa zat kapur dan silikat. Untuk jenis-jenis spikula sendiri di masing-masing spesies berbeda.

Memiliki dua alat kelamin sekaligus

Hewan porifera memiliki sifat hermaprodit, dimana kelaminnya terdapat dua jenis untuk satu individu. Keduanya dapat berfungsi sebagaimana mestinya, yaitu mengeluarkan sperma dari sel koanosit dan sel telur dari sel amoeboid.

Baca juga: Ciri Ciri Hewan Crustaceae

Sistem reproduksi seksual dan aseksual

Uniknya hewan porifera dapat melakukan perkembangbiakan dengan dua cara, yaitu seksual dan aseksual. Seksual terjadi melalui hubungan perkawinan antara jantan dan betina dan aseksual terjadi dengan cara pencabangan melalui tunas yang tumbuh kemudian memisahkan diri dari induknya.

Tubuh memiliki 3 lapis

Tubuh hewan porifera tersusun atas tiga lapis, yaitu epidermis yang terdiri dari sel pinokosit, sel ostium yang menjadi tempat sel porosit, dan endodermis yang memuat sel oanosit.

Baca juga: Ciri Ciri Hewan Omnivora

Demikian ciri-ciri pada hewan porifera yang secara umum dikenal dalam ilmu biologi. Spesies hewan porifera memiliki karakteristik yang berbeda-beda. Maka tidak menutup kemungkinan beberapa ciri-ciri di atas relatif tidak sama di beberapa spesies tertentu.

 

Ciri Ciri Hewan Porifera – Peka News

Originally posted 2020-10-03 22:01:05.