Ciri Ciri Kucing Betina dan Jantan Birahi

Seekor kucing memiliki tingkah laku yang unik ketika memasuki musim kawin atau birahi. Perilaku yang digambarkan biasanya akan sangat berbeda dari perilaku biasanya. Bagi Anda yang memiliki kucing, penting untuk mengetahui ciri-ciri kucing ketika sedang birahi, hal tersebut dimaksudkan agar Anda bisa memaklumi tingkah lakunya dan menyesuaikan terhadap cara merawat yang benar. Berikut ini ciri-ciri kucing betina atau jantan yang sedang mengalami birahi secara umum.

Ciri-ciri kucing betina birahi

  • Kucing mengalami kegelisahan dan intensitas kesibukannya cenderung meningkat dari biasanya.
  • Nafsu makannya berkurang serta pola makan yang tidak teratur. Meskipun begitu kucing tidak terlihat seperti kelaparan atau sejenisnya. Baca juga: Ciri Ciri Umum Kingdom Animalia
  • Apabila diajak main, kucing akan lebih lincah dan kreatif.
  • Kucing seolah-olah lebih manja dengan selalu berada di sekitar pemiliknya. Hal tersebut ditandai dengan seringnya kucing menggesek-gesekkan badannya ke pemilik.
  • Cara kucing mengeong akan terdengar lebih berat dan nada suaranya relatif lebih keras.
  • Bulu kucing terlihat lebih cerah dan identik dengan bentuk tubuh yang lebih mungil atau bulat. Mungkin ini ditujukan untuk merangsang kucing jantan.
  • Jika bagian atas pangkal ekor atau sekitar punggungnya mendapat kontak fisik, kucing akan mengeluarkan reaksi yang unik. Reaksi tersebut meliputi ekornya yang melengkung ke samping, memposisikan bokongnya lebih menungging, dan kakinya sedikit usil dengan bergerak-gerak di tempat.

Baca juga: Ciri Ciri Hewan Arachnida

Ciri-ciri kucing jantan birahi

  • Intensitas mengeongnya terus meningkat dari hari ke hari sampai kucing bisa memenuhi hasrat untuk kimpoy. Jika sulit dipenuhi, maka suaranya akan terus bertambah lebih berat dengan1 jangka waktu yang terus-menerus selama seharian.
  • Sikapnya jadi lebih agresif secara terus-menerus sampai kucing mendapatkan apa yang diinginkan bersama kucing betina.
  • Sering mencari-cari kucing betina yang ada di sekitar lingkungannya. Jika sudah mulai menyukai betina yang ditemui, biasanya akan terus mendekatinya.
  • Seringkali meninggalkan jejak untuk memanggil kucing betina, seperti kencing sembarangan dan lainnya.
    Biasanya akan sulit ditemui oleh pemiliknya. Hal ini dikarenakan kucing jantan mengikuti keberadaan kucing betina yang disukai.

Baca juga: Ciri Ciri Hewan Porifera

Itulah ciri-ciri kucing birahi yang bisa Anda pahami baik betina maupun jantan. Sebenarnya kedua kucing tersebut memiliki karakter yang relatif sama ketika sedang birahi, hanya ada beberapa perilaku yang mengambarkan karakter jenis kelaminnya seperti di atas.

 

Ciri Ciri Kucing Betina dan Jantan Birahi – Peka News

Originally posted 2020-10-03 22:49:27.