Ciri Ciri Umum Kingdom Animalia

Kingdom animalia dikenal sebagai klasifikasi taksonomi organisasi yang telah memiliki struktural sel yang kompleks. Secara umum istilah ini lebih akrab disebut sebagai hewan, yaitu salah satu makhluk hidup yang dapat bergerak secara aktif.

Contoh beberapa hewan yang termasuk di dalamnya meliputi harimau, anjing, ular, orang utan, ikan, siput, burung, cacing, dan masih banyak lainnya.

Kingdom animalia memiliki jenis dan spesies yang sangat luas. Masing-masing memiliki karakteristik tersendiri sesuai dengan klasifikasinya.

Namun secara keseluruhan semua jenis tersebut memiliki kesamaan ciri-ciri umum yang relatif dimiliki oleh setiap hewan.

Baca juga: Ciri Ciri Hewan Arachnida

Ciri-ciri kingdom animalia

  • Keberlangsungan hidup masih bergantung pada ketersediaan makanan di lingkungan sekitar. Artinya, kingdom animalia belum mampu menciptakan makanannya sendiri, melainkan hanya mencari makanan berupa tumbuhan atau hewan yang ada di tempat tinggal atau habitatnya.

Istilah ini dikenal sebagai heterotrof karena tidak mampu menjalankan sistem rantai makanannya sendiri tanpa bantuan sekitar. Baca juga: Ciri Ciri Hewan Porifera

  • Bersifat eukariotik yang berarti kingdom animalia telah memiliki organisme berupa nukleus dan organel membran lainnya seperti badan golgi dan mitokondria.
  • Telah memiliki sistem susunan saraf dan jaringan otot yang menyuplai terhadap hasil rangsangan dan segala pergerakan tubuh.
  • Sistem reproduksi dapat berjalan secara seksual dan aseksual, tergantung jenis hewannya. Reproduksi secara seksual dikenal juga sebagai reproduksi generatif, suatu perkembangbiakan melalui pembuahan antara dua individu yang berbeda jenis kelamin.

Adapun reproduksi secara aseksual terjadi tanpa adanya hubungan perkawinan antara dua jenis kelamin yang berbeda, melainkan berlangsung secara individu dari induk tunggal tanpa bantuan alat reproduksi untuk mewarisi genetika. Baca juga: Ciri Ciri Hewan Amfibi

  • Organisme yang bersifat multiseluler dimana jumlah sel yang dimiliki cukup banyak dan dapat terlihat secara kontras atau jelas.
  • Tidak memiliki struktur pembatas ruang atau penyelimut sel tertentu di luar membran plasma.
  • Seluruh jaringan tubuh beserta sistem organnya merupakan hasil dari terdeferensiasinya sel-sel yang dimiliki.
  • Secara keseluruhan, ciri khas kingdom animalia adalah dapat bergerak secara bebas jika organ-organnya dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Pergerakan ini dijalankan oleh bagian-bagian tubuh yang berfungsi sebagai alat penggerak.

Demikian ciri-ciri kingdom animalia yang secara umum dikenal dalam ilmu biologi.

 

Ciri Ciri Umum Kingdom Animalia – Peka News

Originally posted 2020-10-03 22:42:34.