Pengertian Globalisasi Menurut IMF dan Bank Dunia

Pengertian globalisasi menurut wikipedia Encyclopedia merupakan suatu proses integrasi internasional akibat terjadinya pertukaran banyak aspek. Aspek tersebut antara lain seperti pertukaran pandangan dunia, produk, hingga aspek kebudayaan yang disebabkan oleh berbagai faktor.

Beberapa faktor yang menjadi penyebabnya adalah perkembangan infrastruktur, transportasi, dan telekomunikasi yang turut serta memajukan ekonomi maupun budaya.  Banyak ahli sejarah yang menyatakan bahwa globalisasi ini telah berawal sejak kemunculan era modern.

Namun banyak juga para pakar yang meyakini, bahwa sejarah globalisasi bermula sebelum ditemukannya daratan Eropa dan pelayaran di Dunia Baru. Namun penggunaan istilah globalisasi semakin sering dipakai semenjak pertengahan tahun 1980 hingga pertengahan tahun 1990. Istilah ini juga diperkuat dengan penjelasan pengertian globalisasi menurut IMF dan Bank Dunia.

Baca juga: Pengertian Globalisasi menurut Peter Drucker

Pengertian Globalisasi Menurut IMF dan Bank Dunia

Penjelasan Globalisasi menurut IMF adalah peningkatan ketergantungan ekonomi yang terjadi antar negara di dunia dalam berbagai hal dan kegiatan. Hal ini ditandai dengan meningkatnya transaksi impor ekspor, jasa lintas negara, serta persebaran teknologi yang semakin luas (Word Economic Outlock, Mei 1997, dan juga IMF).

Bahkan di tahun 2000, IMF juga melakukan identifikasi terkait 4 dasar globalisasi seperti berikut.

  • Perdagangan dan transaksi
  • Pergerakan modal dan investasi
  • Migrasi dan perpindahan manusia
  • Pembebasan ilmu pengetahuan

Sedangkan pengertian globalisasi menurut Bank Dunia atau World Bank adalah kebebasan dan kemampuan individu ataupun lembaga dalam prakarsa ekonomi. Hal ini berlaku untuk tujuan transaksi ekonomi dengan orang dari negara lain.

Transaksi tersebut meliputi teknologi, barang-barang, jasa, aktifitas, gagasan, informasi, modal, hingga SDM dari suatu negara ke negara lain. Meski begitu, globalisasi juga memiliki tantangan seperti adanya perubahan iklim, polusi udara dan air hingga lintas batas negara, serta penangkapan ikan secara besar-besaran.

Sehingga dalam beberapa tahun belakangan, arus globalisasi telah memperoleh beragam kecaman keras diberbagai negara. Tidak bisa dipungkiri, globalisasi akan dipengaruhi dan mempengaruhi sosial budaya, lingkungan alam, bisnis, hingga ekonomi negara.

Setelah mengetahui pengertian globalisasi menurut IMF dan Bank Dunia, bisa disimpulkan bahwa arus globalisasi tidak dapat dihindari. Sehingga mau tidak mau, suka tidak suka, globalisasi akan tetap terjadi dan dialami dalam setiap sektor kehidupan bernegara.

Originally posted 2020-09-25 17:46:55.