Pengertian Globalisasi menurut Peter Drucker

Istilah globlisasi digunakan untuk menunjukkan betapa dunia semakin dekat dan banyak hal yang berlaku dalam cakupan dunia. Pendapat yang cukup populer adalah pengertian globalisasi menurut Peter Drucker. Opininya menjadi salah satu definisi yang menggambarkan apa itu globalisasi. Berikut penjelasannya lebih lanjut.

Globalisasi Menurut Peter Drucker

Menyoroti dunia maka akan membahas berbagai hal yang berlangsung secara luas. Hal seperti perekonomian, kehidupan sosial, pendidikan dan kesejahteraan dapat dilihat secara global. Pengertian globalisasi menurut Peter Drucker menyebutkan keadaan menyeluruh yang melibatkan berbagai proses secara besar-besaran. Sebut saja ekonomi, komunikasi global, pertumbuhan perdagangan internasional, dan pasar uang yang semua terjadi secara global dan cepat.

Globalisasi adalah Perubahan

Berdasarkan definisi globalisasi tersebutlah dapat ditarik kesimpulan kalau menurut Peter Drucker, globalisasi adalah “zaman transformasi”. Dalam kurun waktu tertentu perubahan besar-besaran terjadi yang merubah semua tatanan kehidupan yang berlaku hampir di semua daerah di dunia. Baca juga: Pengertian Perubahan Sosial Menurut Kingsley Davis

Perubahan Sosial

Sejarah menunjukkan tiap beberapa ratus tahun sekali ada perubahan besar terutama dalam kehidupan sosial. Masyarakat yang awalnya terbagi dengan kelas sosial berubah jadi kesetaraan sosial yang timbul karena ketidak puasan dari sistem tersebut. Hal ini berlaku hampir diseluruh belahan dunia.

Perubahan Pola Pikir

Secara menyeluruh masyarakat berubah dalam caranya melihat dunia. Bisa dilihat dari menganggap satu belahan dunia lebih superior dari lainnya, nilai-nilai dasar yang dahulu dipatuhi kini menjadi normatif, politik dan bahkan seni memili cara pandang yang berbeda.

Keterbukaan

Pengertian globalisasi menurut Peter Drucker menyebabkan keterbukaan. Masyarakat mengenal dunia dan meningkatkan kebebasan serta kualitas hidup yang lebih baik. Dengan demikian perjadi pergeseran berbagai konsep mulai dari ekonomi, sosial, sampai kehidupan kemasyarakatan.

Resistensi pada Pemerintahan

Perubahan secara global juga bisa disebabkan adanya usaha dari masyarakat yang memperjuangkan perubahan pada pemerintah. Era globalisasi meningkatkan keberanian masyarakat untuk memperjuangkan nilai-nilai tertentu yang kurang terwakilkan dalam masyarakat.

Itulah penjelasan dari pengertian globalisasi menurut Peter Drucker. Opini tokoh managemen modern ini memberikan gambaran mengenai globalisasi dan pengaruhnya pada kehidupan bermasyarakat.

Originally posted 2020-09-25 17:41:54.