Pengertian Kepemimpinan Menurut Terry dan Rue

Pemimpin adalah sosok yang mempunyai ketrampilan teknis dan menguasai suatu bidang, sehingga mampu mempengaruhi orang lain. Tujuannya adalah untuk melakukan aktifitas bersama dan membuat kondisi menjadi lebih terstruktur.

Sementara untuk definisi kepemimpinan memiliki artian melakukan pembinaan, mengatur, menunjukkan, mengarahkan, mempengaruhi, serta menuntun. Sehingga pemimpin adalah orang yang bertugas dan melakukan hal-hal tersebut atas suatu kelompok.

Ia memiliki tanggung jawab fisik maupun mental terhadap keberhasilan aktifitas atau suatu tujuan dari kelompok yang dipimpin. Sehingga bisa dipastikan bahwa untuk menjadi pemimpin itu tidaklah mudah, serta tidak semua orang mampu melakukannya.

Baca juga: Pengertian Globalisasi Menurut Emanuel Ritcher

Istilah kepemimpinan sendiri saat ini juga banyak dijelaskan, mengenai pengertian kepemimpinan menurut para ahli dalam bukunya. Seperti halnya pengertian kepemimpinan menurut Terry dan Rue. Berikut ini penjelasannya.

Pengertian Kepemimpinan Menurut Terry dan Rue

Definisi kepemimpinan menurut para ahli Terry dan Rue adalah suatu pertumbuhan alami yang berkumpul dalam suatu persatuan untuk suatu tujuan tertentu. Bahkan dalam bukunya, dijelaskan mengenai suatu bagian kecil dari kelompok akan memimpin, sementara bagian besar akan mengikutinya.

Dalam suatu kelompok, sering kali banyak orang menginginkan orang lain untuk mengambil keputusan akan apa yang harus dilakukan. Serta menginginkannya untuk menentukan bagaimana cara melakukannya.

Dalam hal ini, seorang pemimpin haruslah mampu menerima tanggung jawab tersebut. Pemimpin juga harus mampu dalam menghadapi tantangan, permasalahan, mencari solusi, serta memahami kebutuhan orang yang dipimpin.

Sehingga pemimpin wajib memiliki karakteristik kepemimpinan agar terwujud misi yang diharapkan. Untuk mewujudkan keberhasilan tersebut, diperlukan teknik kepemimpinan yang mampu mempengaruhi orang yang dipimpin agar melakukan hal yang dikehendaki.

Maka dari itulah, sangat penting bagi seorang pemimpin untuk memiliki jiwa kepemimpinan. Diperlukan sikap yang bijaksana, bertanggung jawab, serta profesional dalam menjalankan kewajiban dan posisinya. Selain itu, diperlukan juga sikap yang tegas, jujur, berdedikasi, serta mampu melaksanakan misi secara bersama-sama.

Sama halnya seperti pengertian kepemimpinan menurut Terry dan Rue yang bertujuan pada suatu misi tertentu dalam satu kelompok. Misi tersebut akan dapat terlaksana dengan kesadaran penuh dari orang yang dipimpin, jika pemimpin memiliki sikap yang tepat.

Originally posted 2020-09-25 17:53:21.