Pengertian Perubahan Sosial Menurut Kingsley Davis

Perubahan sosial yang terjadi dimasyarakat terjadi karena berbagai hal. Para ahli pun memiliki pendapat berbeda-beda dan mengungkapkan berbagai faktor yang menjadi alasan terjadinya perubahan sosial. Salah satunya adalah pengertian perubahan sosial menurut Kingsley Davis. Intinya beliau menekankan perubahan sosial berdasarkan penyesuaian di masyarakat. Berikut penjelasan lebih lanjutnya.

Definisi Perubahan Sosial

Terdapat beragam pendapat dari pengertian perubahan sosial oleh para ahli sosial. Ada yang mempertimbangkan adanya keseimbangan, pendapat lain menyoroti perubahan nilai yang berlalu. Kali ini kamu akan jelaskan pengertian perubahan sosial menurut Kingsley Davis. Menurut Kingsley Davis perubahan sosial adalah wujud perubahan secara struktural dan fungsional dalam masyarakat.

Baca juga: Pengertian Kepemimpinan Menurut Terry dan Rue

Unsur Perubahan Struktur dan Fungsi Sosial

Pengertiannya menyoroti berbagai unsur yang berlaku dan disesuaikan agar serasi. Oleh karena itu untuk terjadi sebuah perubahan sosial harus memenuhi beberapa unsur berikut.

Faktor Internal

Perubahan terjadi dari dalam masyarakat ketika jumlah penduduk berubah. Semakin sedikit orang dalam satu lingkungan akan mempengaruhi kesehariannya. Bisa terjadi perpindahan penduduk atau kurangnya elemen dalam sebuah komunitas.

Penemuan

Sebuah inovasi yang mempengaruhi kehidupan khalayak dapat merubah kehidupan sosial secara fungsional. Penemuan juga merubah interaksi manusia antara satu dan lainnya. Hal ini dapat dilihat saat lampu dan telpon pertama kali diperkenalkan.

Faktor Eksternal

Pengertian perubahan sosial menurut Kingsley Davis sangat tepat menggambarkan faktor alam yang berubah. Lingkungan yang dilanda bencana alam dalam ukuran besar merubah struktur kehidupan sosial dalam skala besar pula. Bahkan adanya penyakit menular dapat merubah bagaimana keadaan normal dalam aktifitas sehari-hari.

Konflik dalam masyarakat

Negara yang terjadi konflik kepentingan di dalamnya dapat mendukung terjadinya perubahan sosial. Kehidupan masyarakat bisa berubah total dikarenakan konflik yang berkepajangan tanpa solusi. Hal ini bisa dilihat dari sejarah dimana ada negara satu yang menjajah negara lain yang menghasilkan pemberontakan atau revolusi.

Peperangan

Perang adalah contoh paling konkrit untuk menggambarkan bagaimana perang dapat menyebabkan perubahan sosial. Bukan hanya dilihat dari interaksi sosial saja, ekonomi, keamanan, pendidikan semua terpengaruh.

Demikianlah penjabaran mengenai pengertian perubahan sosial menurut Kingsley Davis. Mulai dari kejadian fisik yang alami atau sesuatu yang diciptakan baik untuk kebaikan atau hasil dari sebuah protes. Bila sesuatu yang cukup besar terjadi maka dapat menyebabkan terjadinya perubahan sosial secara dominan pula.

Originally posted 2020-09-25 17:26:48.